http://www.alimmahdi.com/2010/01/hadiah-untuk-sahabat.html

Selasa, 20 Maret 2012

Mencoba Menjadi Pengusaha



Inilah yang diceritakan oleh Donald Trump, pengusaha sukses kelas dunia di bidang real estat tentang faktor-faktor yang membawa kesuksesan seseorang. Adanya faktor bakat dan keberuntungan yang ikut berperan menentukan seorang pengusaha sukses atau tidak, sesuatu yang menarik perhatian saya. Mari kita analisa sejenak cerita pengusaha sukses yang sudah membuktikan ketangguhannya mengelola bisnis real estat ini.
Sekilas tentang pengusaha sukses yang satu ini, saya agak sering menyaksikan penampilannya saat penayangan acara The Apprentice di layar kaca beberapa tahun lalu. Acara yang bagi saya amat menarik, memperlihatkan bagaimana para kandidat anak asuh Donald Trump ini bersaing menunjukkan kreatifitasnya di dalam mengelola peluang bisnis dan menangani permasalahan-permasalahan bisnis. Kebijaksanaan seorang Donald Trump, si pengusaha sukses, terlihat saat mengevaluasi hasil aksi para calon anak asuhnya.
Kembali kepada faktor bakat, kerja, dan keberuntungan sebagai penentu sukses seseorang. Sebenarnya yang perlu dilakukan sebagai langkah awal hanyalah bertanya kepada diri masing-masing. Ada dua pertanyaan. Pertama : apakah saya memiliki bakat bisnis ? Kedua : apakah saya termasuk orang yang akan mendapatkan keberuntungan dalam bisnis ?
Jika anda bisa tegas menjawab “ya !”, saya ucapkan selamat untuk anda. Silakan memanfaatkan bakat dan keberuntungan anda secara maksimal untuk mendapatkan hasil yang anda harapkan. Pelihara terus keyakinan anda melalui kerja keras dan pembuktian hasilnya setahap demi setahap.
Nah, bagi yang merasa tidak tahu atau ragu apakah dirinya memiliki bakat bisnis atau tidak, termasuk orang beruntung atau tidak, anda tidak perlu cemas. Anda sama dengan saya. Sama dengan kebanyakan profil pengusaha lainnya. Hal yang wajar karena memang tidak ada tanda-tanda yang cukup meyakinkan dan valid untuk menyatakan hal itu.
Apakah karena seorang anak pandai berhitung dan berjualan sesuatu lalu bisa disebut berbakat bisnis ? Belum tentu juga ! Apakah karena selama ini sering mendapat keberuntungan lalu bisa dipastikan akan terus begitu ? Tidak juga, bukan ?
Bicara bakat akan lebih mudah bila sudah terlihat hasilnya. Bila seseorang sudah jungkir balik berusaha dan bekerja membangun bisnisnya dan ternyata tidak cukup berhasil, mudah menyebutnya sebagai kurang berbakat. Begitu juga jika kita menyaksikan orang yang sukses luar biasa melebihi orang lain yang melakukan upaya yang sama, kita akan menyebutnya karena dia punya bakat.
Hal yang sama terjadi dengan yang namanya keberuntungan. Lebih mudah mendeteksinya setelah terjadi, bukan sebelumnya.
Kalau begitu, bagaimana cara menjadi pengusaha sukses ?

Untuk anda yang tergolong sama dengan saya, yaitu tidak tahu apakah memiliki bakat dan keberuntungan dalam bisnis, kita bisa menggunakan faktor yang satunya : “kerja”. Atau bisa juga disebut dengan kata “upaya”. Intinya adalah sesuatu yang bisa kita lakukan dan upayakan, bukan sekedar menunggu diberi.
Banyak cerita pengusaha sukses seputar masalah kerja ini. Ada yang bilang kerja keras dan kerja cerdas. Malah saking pentingnya masalah kerja ini, ada yang mengatakan bahwa kesuksesan seseorang itu ditentukan oleh 1% bakat dan 99% kerja keras. Dan saya sangat setuju dengan pendapat tersebut.
Lalu, kerja keras dalam hal apa ? Bagaimana bentuk kongkritnya ? Ini dia : kerja keras untuk belajar, kerja keras untuk mencoba, kerja keras untuk bangkit bila mengalami kegagalan, dan kerja keras untuk mengembangkan terus kesuksesan yang sudah diraih.
Cukup banyak hal yang harus diuraikan mengenai kerja keras di atas. Saya akan mencoba untuk membuat postingan tersendiri untuk topik tersebut.
Bagaimana dengan bakat dan keberuntungan ? Apakah kita abaikan saja ?
Masalah bakat lupakan saja dulu sementara. Lebih baik diganti dengan minat. Pastikan bahwa anda memang memiliki minat yang kuat untuk berkiprah di dunia bisnis. Minat ini akan menumbuhkan tekad untuk sukses, dan diwujudkan dalam bentuk kerja keras.

Sedangkan untuk masalah keberuntungan, ternyata juga ada caranya. Jadi jangan menunggu. Kalau ada caranya berarti ada upaya atau kerja yang bisa dilakukan. Jika anda berminat untuk mengetahui masalah keberuntungan ini, salah satunya bisa anda baca di http://budiwiyono.com/tag/menjadi-beruntung/.



Selamat berlatih menjadi pengusaha sukses. Mari kita sama-sama terus belajar dan meningkatkan diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar